Pasukan Yaman Tembak Jatuh Jet Tempur Tornado Saudi

0
16

Sanaa, LiputanIslam.com –  Juru bicara militer Yaman yang bersekutu dengan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi),  Brigjen Yahya Saree, Jumat (14/2/2020), mengumumkan pihaknya telah menembak jatuh jet tempur Tornado milik pasukan koalisasi Saudi-Uni Emirat Arab di provinsi Jawf di bagian utara Yaman.

Dalam berita yang dilansir website chanel al-Masirah milik Ansarullah, Yahya Saree menjelaskan bahwa pihaknya telah menembak jatuh jet tempur milik “pasukan agresor” di angkasa provinsi Jawf pada lokasi yang berjarak 143 kilometer dari Sanaa, ibu kota Yaman, ketika pesawat itu sedang menjalankan misi serangannya.

“Unit pertahanan udara berhasil menjatuhkan jet tempur itu dengan rudal canggih permukaan-ke-udara dan dengan teknologi mutakhir,” ungkap Saree.

Dia juga memperingatkan, “Langit Yaman bukan untuk rekreasi, musuh harus berpikir seribu kali untuk itu.”

Saree menambahkanbahwa nasib pilot pesawat nahas itu belum diketahui, dan masih dilakukan upaya pencarian.

Hingga berita ini disusun belum ada tanggapan dari pihak koalisi Saudi-Emirat mengenai pernyataan militer Yaman tersebut.

Baca: Kurang dari Satu Minggu, Tiga Drone Saudi Tertembak Jatuh di Yaman

Al-Masirah menyebutkan bahwa pasukan Ansarullah pada tahun 2018 juga berhasil menembak jatuh dua unit jet tempur musuhnya; pertama juga berjenis Tornado di provinsi Sa’dah pada 7 Januari, sedankan yang kedua terjadi beberapa jam kemudian terhadap jet tempur jenis F-15 di angkasa Sanaa.

Pesawat Tornado adalah pesawat tempur multi-fungsi, yang digunakan sebagai pemburu dan pembom, dan diproduksi oleh Eropa secara kolektif.

Baca: Keteteran, Saudi Pinjam Rudal Patriot dari Yunani untuk Menangkis Rudal Yaman

Pesawat ini memiliki dua mesin jet, dan dirancang terutama sebagai pesawat serang yang mampu menggempur dalam semua kondisi cuaca pada ketinggian rendah dan dengan kecepatan supersonik. (mm/alalam/aljazeera)

Leave a reply

More News